Friday, October 12, 2012

PENGANTAR SISTEM INFORMASI BERBASIS DATA

BAB 1
Informasi adalah salah satu  jenis utama sumber daya yg tersedia bagi manager. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, dan perhatian pada topik ini bersumber dari dua pengaruh. Pertama,bisnis telah menjadi semakin rumit dan kedua komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.
Output informasi dari komputer digunakan oleh para manager, non-manager,serta orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan. Manager berada pada semua tingkat organisasional perusahaan, dan dalam semua bidang fungsional. Manager melaksanakan berbagai fungsi dan peran, dan untuk berhasil, manager memerlukan keahlian dalam komunikasi dan pemecahan masalah. Manager perlu mengerti komputer(computer literate), tetapi yang lebih penting, mereka perlu mengerti informasi (information literate).
Perusahaan adalah suatu sistem yang bersifat fisik, namun dikelola dengan menggunakan suatu sistem konseptual. Aplikasi utama komputer yang pertama adalah pengelolaan data akuntansi. Aplikasi tersebut lalu di ikuti oleh empat aplikasi lain : Sistem informasi Management , Sistem pendukung keputusan, kantor virtual, dan sistem berbasis pengetahuan. Kelima aplikasi ini membentuk sistem informasi berbasis komputer atau CBIS.
Perusahaan-perusahaan membentuk suatu organisasi jasa informasi yang terdiri dari jasa spesialis informasi untuk menyediakan keahlian dalam pengembangan sistem berbasis komputer. Para spesialis ini mencangkup analis sistem , pengelola database, spesialis jaringan, programer dan operator.
Managemen Informasi
Jenis jenis sumber daya utama
Manager mengelola lima jenis sumber daya utama :
·         Manusia
·         Material
·         Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
·         Uang
·         Informasi (termasuk data)

Tugas manager adalah mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan dengan cara yang paling efektif. Empat jenis sumber daya yang pertama dimiliki wujud; yang ada secara fisik dan dapat disentuh. Kita menggunakan istilah sumber daya fisik untuk menggambarkannya. Jenis sumber daya yang kelima, informasi, memiliki nilai dari apa yang di wakilinya, bukan dari bentuk wujudnya. Kita menggunakan istilah sumber daya Konseptual untuk menggambarkan informasi dan data. Para manager menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.
Management Sumber Daya
Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan. Setelah sumber daya ini disusu, manager berusaha untuk memaksimalkan penggunaanya. Manager meminimalkan waktu yang terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada efesiensi puncak. Akhirnya manager mengganti sumber daya ini pada saat kritis sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efesien dan usang.
Perhatian pada Managemen Informasi
1.      Meningkatnya kerumitan kegiatan Bisnis
2.      Pengaruh ekonomi internasional
3.      Persaingan dunia
4.      Meningkatnya kerumitan teknologi
5.      Batas waktu yang semakin singkat
6.      Kendala-kendala sosial.
-->
Kemampuan Komputer yang semakin baik
Dalam hal ukuran dan kecepatannya, komputer-komputer tahun 1950-an dan 1960-an tampak seperti Dinosaurus dari Jurassic Par. Komputer-komputer ini di tempatkan dalam ruangan besar dan hanya boleh disentuh oleh para spesialis komputer perusahaan. Para pemakai sekarang sebaliknya, sangat mungkin memiliki terminal keyboard atau komputer mikro di ruangan mereka. Para pemakai sekarang tidak memandang komputer sebagai suatu yang istimewa tetapi sebagai bagian peralatan kantor yang dibutuhka, seperti hal nya meja, telepon, atau mesin fotocopy.
Kita ketahui bahwa para pemakai komputer meliputi :
·         Manager
·         Non-Manager
·         Orang-orang dan Organisas-organisasi dalam lingkungan perusahaan.
Dimana Para Manager ditemukan
Manager dapat ditemukan dimana-mana, tetapi perlu disadari bahwa mereka ada di berbagai tingkat dan dalam berbagai bidang fungsional di dalam perusahaan.
Tingkatan Manager
Manager pada puncak hirarki organisasi, Seperti direktur dam para wakil direktur,sering disebut berada pada tingkat perencanaan strategis. Istilah ini menunjukan pengaruh atas keputusan-keputusan yang diambil pada seluruh organisasi selama beberapa tahun mendatang.
Bidang Fungsional
Disamping berbagai tingkat organisasi tersebut, manager terdapat dalam berbagai bidang fungsional perusahaan, tempat berbagai sumber daya dipisahkan menurut pekerjaan yang dilakukan. Tiga bidang fungsional yang tradisional adalah pemasaran, manufaktur, dan keuangan.
Apa yang dilakukan para Manager
Walau tampak perbedaan yang  jelas antara berbagai tingkatan managemen dan bidang fungsional, semua manager melaksanakan fungsi yang sama dan memaikan peranan yang sama.
Fungsi managemen
Pada awal abad ini sekitar tahun 1914, seorang ahli teori managemen berkebangsaan perancis, Henri Fayol, menyatakan bahwa manager melaksanakan lima fungsi-fungsi managemen yang utama. Pertama, manager merencanakan (Plan) apa yang akan mereka lakukan. Kemudian mereka mengorganisasikan (organize) untuk mencapai rencana tersebut. Selanjutnya mereka menyusun staf (staff) organisasi mereka dengan sumber daya yang diperlukan. Dengan sumber daya yang ada mereka mengarahkan  (direct) untuk melaksanakan rencana. Akhirnya mereka mengendalikan (control) sumber daya, menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.
Peran Manajerial
Keahlian Manajemen
-     Keahlian komunikasi  = manajer menerima dan mengirim informasi dalam bentuk lisan atau tertulis .
-     Keahlian pemecahan masalah  = mendefinisikan pemecahan maslaah sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan.

Pengetahuan Manajemen
-    Mengerti komputer
-    Mengerti informasi

Manajer dan Sistem
Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan masksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.
Sistem di bagi menjadi 3
      1. Elemen-elemen sistem
Suatu mekanisme pengendalian memantau proses tranformasi untuk menyakinkan bawha sistem tersebut memenuhi tujuan
 2. Sistem lingkaran terbuka dan lingkaran tertutup
Suatu sistem tanpa elemen mekanisme pengendalian, lingkaran umpan balik, dan tujuan.
3. Sistem terbuka dan sistem tertutup
Suatu sistem yang di hubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya.

Subsistem
adalah sistem berada pada lebih dari satu tingkat.
Supersistem
adalah bagian dari sistem yang lebih besar.
Sistem Bisnis
Tanggung jawab utama manajer adalah memastikan bahwa perusahaan mencapai tujuannya.
Sistem fisik dan sistem konseptual
Sistem fisik adalah perusahaan bisnis. Sistem konseptual adalah sistem yang menggunakan sumber daya konseptual-informasi dan data untuk mewakili suatu sistem fisik.
Pandangan sistem
adalah melihat operasi bisnis sebagai sistem-sistem yang melekat dalam suatu lingkungan yang lebih luas.


Data & Informasi

Data terdiri dari fakta-fakta dan angkat-angka yang relatif tidak berarti bagi pemakai.

Informasi adalah data yang telah di olah atau dip roses, data yang memiliki arti.

Pengolahan informasi adalah salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual.
Suatu Model Sistem Infromasi Berbasis Komputer
·         SIA
·         SIM
·         DSS
·         Kantor Virtual
·         Sistem berbasis pengetahuan

Para Spesialis Informasi

Analis sistem  adalah pakar dalam mendefinisikan masalah dan menyiapkan dokumentasi tertulis mengenai cara komputer membantu pemecahan masalah.

Pengelola database menciptakan database yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai. Database adalah suatu kumpulan data komputer yang terintregasi.

Spesialis jaringan membentuk jaringan komunikasi data yang menyatu berbagai sumber daya komputer yang tersebar.

Programmer membuat kode instruksi yang menyebabkan komputer mengubah data menjadi informasi yang di perlukan pemakai.

Operator mengoprasikan peralatan komputer  berskala besar seperti komputer mainframe dan komputer mini.

End User Computing (EUC)

Adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh para pemakai.
Empat pengaruh utama EUC :
1.      Meningkatnya Pengetahuan Tentang komputer.
2.      Antrian Jasa Informasi.
3.      Perangkat Keras yang Murah.
4.      Perangkat Lunak Jadi.
Gabungan keempat pengaruh ini merupakan penyebab meluasnya end-user computing.

CBIS
Mencapai CBIS

Tahap-tahap siklus hidup sistem (system life cycle-SLC)
- Perencanaan
- Analisis
- Rancangan
- Penerapan
- Penggunaan
Tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer. 

Mengelola CIBS

Walau banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka untuk pengembangan sistem berbasis komputer,pemakailah yang bertanggung jawab atas siklus hidup sistem. Sesuai dengan penekanan kita pada manager sebagai pemakai, tanggung jawab untuk mengelola CIBS ditugaskan pada manager,yang menjadi manager dari unit organisasional dimana komputer tersebut diterapkan dan mereka dapat ditempatkan dimana saja di dalam perusahaan itu.

Menempatkan CIBS dalam Konteks

Selama tahun-tahun awal komputer, perusahaan mempunyai pilihan untuk menggunakan alat elektronik tersebut atau tidak. Para manager di sejumlah perusahaan yang mula-mula menggunakan komputer adalah orang-orang yang berpandangan jauh ke depan,yang menyadari bahwa komputer memberi mereka sejumlah keunggulan atas pesaing mereka.

Sumber : Buku Sistem Informasi Managemen (jilid 1) karya Mark leod



No comments:

Post a Comment