Wednesday, June 26, 2013

KETAHANAN NEGARA TERHADAP KEBUDAYAAN INDONESIA



Pertahanan negara disebut juga pertahanan nasional adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Konsepsi ketahanan negara Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh berlandaskan Pancasila, UUD 45, dan Wawasan nusantara.

Kebudayaan merupakan cermin dari suatu bangsa, dari kebudayaan suatu bangsa dapat dikenal oleh seluruh dunia, tinggal bagaimana kita melestarikan suatu kebudayaan yang kita miliki sekarang, jaman moderenisasi tidak harus menggilas kebudayaan yang sudah ada yang menjadi kebanggaan kita dari dulu tapi bagaimana jika tren moderenisasi yang harus mengikuti kebudayaan kita, itu yang harus dipikirkan bersama oleh semua pihak. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kebudayaan yang sangat beraneka ragam baik jumlahnya maupun keanekaragamannya, karena Indonesia bukanlah negara yang memiliki hanya satu daerah sehingga kebudayaan bangsa Indonesia adalah kebudayaan lokal. Indonesia terdiri dari 36 provinsi dan setiap provinsi memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Di Indonesia kebudayaan dapat terbagi menjadi beberapa karya seni, seperti, Tarian, Pakaian adat, Makanan khas dan masih banyak lagi.


Seiring berkembangnya zaman,menimbulkan perubahan pola hidup masyarakat yang lebih modern. Akibatnya, masyarakat lebih memilihkebudayaan baru yang mungkin dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya lokal. Begitu banyak faktor yang menyebabkan budaya lokal dilupakan dimasa sekarang ini, misalnya masuknya budaya asing ke Indonesia yaitu seperti model pakaian, lagu-lagu barat, dan lain-lain. Pada kenyataannya generasi muda zaman sekarang lebih menyukai budaya luar dibandingkan budaya bangsa Indonesia. Perlu adanya kesadaran diri akan pentingnya melestarikan kebudayaan sendiri, agar tidak punah.

  • Cara Mempertahankan Kebudayaan yaitu :
  1. Menghargai Kebudayaan
  2. Mengenali dan Bangga akan Budaya Indonesia
  3. Mencintai budaya kita sendiri, tanpa merendahkan atau melecehkan budaya luar
  4. Tidak mudah terpengaruh dengan masuknya budaya luar
  5. Selalu mempertahankan kebudayaan Indonesia agar tidak punah
  6. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya budaya sebagai jati diri bangsa

Oleh karena itu kita harus mempertahankan kebudayaan kita yang sudah ada dengan melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan kita ke negara asing agar mereka bisa menikmati kebudayaan kita tanpa harus direbut dan diakui oleh bangsa asing. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa, harus mempertahankan atau melestarikan kebudayaan Indonesia dengan kesadaran diri, agar kebudayaan Indonesia tidak punah.


Sumber :
http://blogger-veryandriyanto.blogspot.com/2011/02/mempertahankan-kebudayaan-indonesia.html

No comments:

Post a Comment